Home » » Perangkat Desa Desak Pemkab Mojokerto Bantu Tiang Listrik

Perangkat Desa Desak Pemkab Mojokerto Bantu Tiang Listrik

MOJOKERTO – Para perangkat desa di kabupaten Mojokerto mendesak Bupati Mojokerto H Mustofa Kamal Pasa, memberikan bantuan tiang lampu peneranagan jalan, tidak hanya bantuan bola lampu.
“Kalau tidak ada tiangnya lampu hemat energi buatan luar negeri ini apa akan dipasang di pohon. Kalau dipasang di sembarang tempat, kami khawatir lampu ini akan cepat hilang. Kami tidak akan memasang dulu lampu ini, sebelum ada tiangnya,” kata Yadi, salah seorang perangkat desa di Kab. Mojokerto, Rabu ( 20/12), menanggapi bantuan bola lampu hemat energi tersebut.
Jika pengadaan tiang listrik dibebankan kepada desa, menurut yadi, tentunya desa akan keberatan karena harga tiang listrik dari besi atau cor bercampur asbes cukup mahal. Harga satu tiang minimal Rp 250 ribu, jika satu dusun mendapatkan 10 unit lampu maka dana untuk beli tiang listrik sekitar Rp 2,5 juta.
Senedi SH anggota DPRD dari Partai Hanura menilai, permintaan perangkat desa agar Pemkab Mojokerto memberikan pula bantuan tiang listrik masih wajar. Idealmya bantuan bola lampu hemat energi itu lengkap dengan tiang listriknya pula.
Sementara  Ketua Fraksi PKS, Kurniawan Eka Nugraha, merespon positif aspirasi para perangkat desa yang meminta bantuan tiang listrik tersebut. Namun sebelum mengalokasikan anggaran pengadaan tiang listrik di APBD tahun 2013 nanti, pihaknya akan memanggil eksekutif untuk dengar pendapat terkait masalah ini. Pasalnya, dewan mengalokasikan dana Rp 30 miliar dalam APBD tahun 2012 itu diasumsikan sudah termasuk bola lampu dan tiang listriknya juga.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya Pemkab Mojokerto, Hariyono, mengatakan, pembagian bola lampu hemat energi masih terus dilakukan ke tingkat kecamatan hingga desa.
Menurut dia, sebelum dibagikan bola lampu LED merk Strahl tipe Kratos Modular I 60 W ini sudah melewati uji laboratorium di Universitas Brawijaya Malang dan dinyatakan layak.  Tentang tiang listriknya, kata Hariyono akan diusulkan ke tim Badan Anggaran baik dieksekutif maupun legislatif. Supaya anggaran pengadan tiang listrik nanti bisa dimasukkan dalam RAPBD Kab. Mojokerto tahun 2013.
Proyek  Lampu hemat energi dalam tahap awal dibagikan ke 56 desa dengan 237 Dusun yang sudah dikunjungi Bupati Mojokerto MKP. bas
 
Sumber:http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=664cdabf7f21f709addf73b7efe4b95d&jenis=1679091c5a880faf6fb5e6087eb1b2dc
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar